Sejarah singkat

Berawal dari tingginya minat siswa lulusan siswa MTs yang yang berada di Yayasan Pendidikan Islam Al Ikhwaniyah untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang SMA/SMK, Yayasan Pendidikan Islam Al Ikhwaniyah  dalam hal ini yang telah terlebih dahulu telah memiliki MTs. Yayasan Pendidikan Islam Al Ikhwaniyah  yang berdiri dari tahun 1996 serta memiliki siswa sekitar 600 siswa. Atas dasar tersebut Yayasan Pendidikan Islam Al Ikhwaniyah membuka sarana pendidikan yang lebih tinggi yaitu SMK Al Ikhwaniyah, dengan harapan sebagian lulusan dari MTs Al Ikhwaniyah dapat tertampung di dalam lingkungan SMK Al Ikhwaniyah .

Maka dengan tekad yang sudah bulat maka pada tanggal 13 Desember 2006 didirikan SMK Al Ikhwaniyah yang berada di Jalan Panti Asuhan Kelurahan Jurang Mangu Barat Kecamatan Pondok Aren. Dengan Bidang Studi Keahlian “ Bisnis dan Manajemen” serta kompetensi keahlian “Akuntansi”.

Tahun pelajaran 2006/2007 merupakan tonggak sejarah dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (PBM) SMK Al Ikhwaniyah, dengan 1 program keahlian yaitu : Bisnis dan Manajemen  dengan jumlah siswa saat itu 60 orang, jumlah Guru 9 orang dan Kepala sekolah.

Ketika pertama berdiri keadaan sekolah dengan kondisi 2 ruang belajar belum memenuhi standar nasional. Pada tahun pertama berdiri SMK Al Ikhwaniyah mempunyai 2 rombongan belajar dengan total 60 siswa. Dengan jumlah guru pengajar 9 orang. Pada tahun pertama semester ke 2 SMK Al Ikhwaniyah baru mempunyai 1 Ruangan Yang di fungsikan sebagai Laboratorium computer.

Pada tahun kedua SMK Al Ikhwaniyah mendapatkan siswa dengan jumlah  64 siswa, meningkat secara jumlah. Pada tahun ketiga secara resmi SMK Al Ikhwaniyah menjadi sasaran akreditasi dari BAN/SM, di karenakan pada saat itu SMK Al Ikhwaniyah baru merintis dengan fasilitas yang jauh dari standar nasioanal maka hasil akreditasi pada saat itu hanya memperoleh nilai cukup dengan predikat C, walaupun demikian pada tahun ketiga SMK Al Ikhwaniyah sudah resmi sebagai sekolah yang terakreditasi.

Pada tahun ajaran 2016/2017 terjadi perubahan sitem Manajemen yang sebelumnya terpusat di yayasan menjadi Management Berbasis Sekolah, maka pada tahun tersebut SMK Al Ikhwaniyah mendapatkan keleluasan terutama di bidang pengaturan anggaran sekolah, sehingga dengan demikian SMK Al Ikhwaniyah mulai menata kembali terutama berkaitan dengan kelengkapan proses pembelajaran yang ada di SMK Al Ikhwaniyah.

Prestasi demi prestasi telah diperoleh baik dibidang olahraga, akademis, seni, keagamaan dan prestasi-prestasi lainnya. Dengan prestasi-prestasi inilah tumbuh kepercayaan masarakat atas keberadaan SMK Al Ikhwaniyah semakin tinggi, dengan tingginya kepercayaan masarakat inilah pada decade 3 tahun terakhir di bawah kepemimpinan Bapak Suhandi, S.Pd.I telah dikembangkannya pelayanan masarakat dengan menambah 1 Rombel sehingga pada tahun pelajaran 2017/2018 SMK Al Ikhwaniyah memiliki 7 Rombel, karena bangunan baru selesai pada akhir 2017, maka penambahan satu rombel tersebut akan di gunakan pada tahun pelajaran 2018/2019.

Sampai pada tanggal 17 Juli 2017 SMK Al Ikhwaniyah dibawah kepemimpinan Bapak Suhandi, S.Pd.I telah berusia 11 Tahun dengan 7 Rombongan Belajar, 246 siswa, 16 Guru dan 2 TU.

Berikut daftar Kepala Sekolah sejak berdiri hingga sekarang:

  • Bpk. Drs. H. Syarif Muawan, M.Pd. (tahun 2006 s/d 2008)
  • Bpk. Rahmat, S. S.Ag (tahun 2008 s/d 2014)
  • Bpk. Suhandi, S.Pd.I (tahun 2014 s/d 2020)
  • Bpk. Helmi, M.Pd. (tahun 2020 s/d 2024)

SMK SMK Al Ikhwaniyah merupakan lembaga pendidikan kejuruan dengan lama pendidikan ditempuh dalam waktu 3 (tiga) tahun  Program keahlian Bisnis Manajemen dengan kompetensi keahlian Akuntansi dan keuangan.