Tangerang Selatan¬†–¬†Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ditiadakan oleh Pemerintah Pusat gegara wabah virus Corona. Namun sebagai salah satu aspek indikator kelulusan, sekolah tetap melaksanakan ujian sekolah (US).

Seperti SMK AL IKHWANIYAH Pondok Aren yang menggelar ujian sekolah (US) secara online selama 7 hari untuk siswa kelas XII. Meskipun saat ini masih diberlakukan belajar di rumah sampai batas waktu yang belum ditentukan.

Pelaksanaannya, setiap siswa mengakses website sekolah untuk masuk ke soal ujian. Kemudian login menggunakan username dan pasword yang telah ditentukan. Lalu siswa mengerjakan soal dengan waktu 2 jam.

“Jumlah peserta US sebanyak 86 siswa. Helmi selaku Wakil kesiswaan menerangkan, kendala yang dihadapi oleh para siswa saat US online adalah jaringan internet. Selain itu juga banyak siswa yang hanya menggunakan kuota chating, bukan full internet sehingga tak dapat mengakses website.

Helmi mengakui dalam US online ini pasti ada indikasi kecurangan dari siswa untuk mencari jawaban soal. Namun dilihat dari indikasi nilai ujian di hari pertama ini cukup rata, ada nilai rendah, nilai sedang dan tinggi. Selain itu, dikembalikan kepada para siswanya masing-masing untuk percaya kepada kemampuan diri dengan cara jujur.

“Sepertinya melihat dari grafik nilai, para siswa bertanggung jawab dan percaya pada kemampuan diri meski ada kesempatan kecurangan,”